Sabtu, 03 Januari 2009

Menghindari Stres di Tempat Kerja

Seringkali kita direpotkan dengan pekerjaan yang menumpuk di kantor, sehingga membuat kita stres. Memang kita bisa melepas stres dengan banyak cara, dari menelepon sahabat, membaca banyolan di majalah atau internet, sampai sejenak melepas penat di ruang kerja. Tapi itu hanya untuk sementara. Yang penting adalah bagaimana Anda mengelola kegiatan Anda, karena seringkali stres terpicu karena Anda tak bisa mengatur diri Anda.

* Gunakan diary atau organizer untuk mengatur jadwal harian Anda, dari jam berapa harus berangkat ke kantor sampai jam berapa Anda sampai di gerbang rumah. Bukalah diary tersebut di pagi dan sore setelah Anda sampai di rumah.

* Anda boleh saja menyusun semua kegiatan Anda, tapi jangan sampai terlalu banyak. Bayangkan jika sehari Anda merencanakan 20 kegiatan! Anda bukan Superman dan kemampuan Anda pun terbatas. Jadi, kalau perlu, delegasikan kegiatan-kegiatan yang bisa Anda delegasikan kepada teman kerja Anda.

* Waktu terbaik untuk membalas telepon yang masuk adalah pagi hari sebelum Anda berangkat kerja atau sore hari sebelum Anda meninggalkan kursi kerja Anda. Tentu, tak termasuk telepon urgent yang memang harus Anda jawab saat itu juga. Begitu juga dengan email yang Anda terima. Usahakan untuk membalas email yang masuk sekaligus, kecuali tentu yang sangat penting.

* Beristirahatlah! Saat Anda lelah, akan lebih besar tercipta kesalahan, selain juga tidak produktif. Karena itu, tak peduli seberapa sibuk Anda, hentikan mengerjakan tugas-tugas untuk makan siang, atau sekadar menghirup udara di luar ruangan. Ingat, kalau bisa, jangan bawa persoalan kantor ke rumah.

Tidak ada komentar: